home

Thursday, August 18, 2016

Homemade mie hijau

Ternyata bikin mie itu nggak seribet dan sesulit yang seperti saya pikirkan,apalagi bikinnya nggak pake cetakan khusus.dijamin benar-benar mudah.resep ini aku dapat dari group NCC resep dari mba afiati fia sobariah.trimakasih banyak ya mba sudah sharing resep di group 'jadi memudahkan kita semua untuk membuat mie yang sehat tanpa bahan pengawet.
karena ini nggak pake cetakan jadi kira2 saja ya waktu motong,biasanya sih kebesaran motongnya jadi alhasil mienya kayak udon :-D hehehehe....



Bahan :
3 gelas belimbing tepung protein tinggi /cakra
1 butir telur
1/2 sdt garam
1/2 gelas belimbing  air sawi (diambil dari 8 lebar daun sawi,potong2, diblender dengan 1/2 gelas air lalu peras) untuk sayuran bisa diganti dengan pakcoy,wortel,brocolli atau lainnya.karena ini hanya sebagai pewarna mie saja,jika tidak mau bewarna cairan bisa diganti dengan air biasa

cara membuat :
campur semua bahan tepung,telur,garam,air sawi.uleni semua bahan sampai kalis (tidak lengket di tangan dan elastis) jika merasa kurang cairan bisa ditambahkan sedikit lagi cairannya.



  • potong menjadi 6 bagian ,taburi tepung tapioka
  • ambil satu adonan rolling sampai adonan pipih ,untuk ketebalannya kira2 saja ya,lalu taburi dengan tepung tapioka gulung dari ujung sampai ujung adonan.
  • lalu potong menggunakan pisau yang tajam




  • setelah dipotong buka satu2 atau uraikan gulungan tadi ,jika menempel taburi dengan tepung tapioka






  • mie hijau siap dimasak :)
  • Untuk penyimpanan dalam kondisi mentah tahan sampai 2-3hari dikulkas, jika disimpan difreezer tahan sampai 2 minggu. 

No comments:

Post a Comment