home

Friday, August 12, 2016

Banana sponge cake

Ketemu resep banana sponge cake punya mba ricke,lembuutt banget cakenya.. Suka suka suka.. Pokoknya.apa lagi anak-anak untuk resep aslinya bisa dilihat Disini . Trimakasih mba ricke resepnya, Barokallah  ðŸ˜˜ðŸ˜˜




Bahan :
500 gram pisang matang,tanpa kulit (jenis Cavendish atau ambon)
50 ML susu cair, suhu ruang
4 btr telur(pakai ukuran sedang /besar)
100 Gram gula pasir
100 gram Brown sugar
1/4 sdt garam
300 gram terigu protein sedang
25 gram maizena
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue
1 sdt vanilla
200 gram mentega cair /margarine,lelehkan
gula halus dicampur dgn sedikit kayu manis bubuk untuk taburan (opsional)

Cara membuat :

  1. Panaskan oven 160°C.siapkan loyang tulban (loyang bolong ditengah) diameter 23cn.olesi dengan mentega /margarin dan taburi terigu Tipis2, sisihkan.
  2. Hancurkan pisang hingga lumat dan lembut (kemarin saya hancurkan dengan garpu) campur dengan susu cair sisihkan.
  3. Ayak tepung maizena, baking powder, dan soda kue sisihkan
  4. Kocok telur, gula pasir, Brown sugar, dan garam hingga mengembang, putih dan kental sekali (ini penting karena adonan akan diberi pisang yang berat)
  5. Masukkan campuran pisang dan susu cair dalam 2 tahap, aduk perlahan secara merata dengan spatula
  6. masukkan campuran tepung (tepung terigu,maizena,baking powder,dan soda kue) dalam 3 tahap,aduk merata dengan teknik aduk balik.
  7. masukkan vanilla dan mentega/margarine leleh,aduk merata dengan teknik hingga adonan benar-benar homogen,jangan ada mentega/margarin leleh yang belum tercampur rata.
  8. tuang ke dalam loyang,ratakan permukaannya.hentakkan loyang dengan lembut ke meja 2x (untuk mengeluarkan jika ada gelembung udara yang terperangkap saat menuang adonan).
  9. panggang selama  45-50 menit hingga cake matang kecoklatan dan kokoh (sesuaikan dengan oven masing-masing).test tusuk dan test sentuh permukaannya sudah membal.
  10. keluarkan dari oven,balikkan loyang untuk mengeluarkan cake,dinginkan taburi permukaan dengan gula halus yang dicampur sedikit bubuk kayu manis(opsional)
  11. potong-potong dan sajikan


No comments:

Post a Comment