home

Friday, October 25, 2013

Sayur asem jakarta

Biasanya komposisi sayur asem sdh disiapkan sama tukang sayur dalam satu kantong sdh komplit isinya yaitu daun melinjo,nangka,kacang panjang,jagung, kacang tanah, labu siam, pepaya muda, melinjo, asem, lengkuas, daun salam, komplit bukan dan harganya cuma 3rb, jika anda ingin menambahkan bahan yg lain kita bs beli terpisah. Tapi menurut saya satu kantong ini saja sdh cukup banyak, belum termasuk daging tetelan ya hehehe...

Karena anak2 suka jagung jadi saya hanya menambah jagung saja, cuaca yang panas di jakarta membuat masakan ini makin cocok disajikan disiang hari, bertapa segar kuahnya hemmm... jadi ngebayangin makan,mungkin masakan ini bisa jadi menu anda siang ini



bahan :
1 kantong sayur asem ( kalau ng ada yang dikantongin ,beli aja komposisinya seperti diatas ,untuk jumlahnya sesuaikan dengan keperluan keluarga)
1/4 daging tetelan cuci bersih potong2
1 1/2 liter air bersih

bumbu :
7 buah bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabe keriting
4 buah kemiri
1/4 sdt terasi matang
2 atau 3 buah asem
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
garam,gula,penyedap secukupnya

cara membuat :
  1. rebus daging tetelan dengan 11/2 liter air sampai empuk dan matang
  2. bersihkan semua bahan sayur asem,potong2,masukkan bahan sayur satu persatu kedalam rebusan tetelan mulai dari bahan yang paling keras seperti kacang tanah,melinjo,nangka,jagung,pepaya muda,labu siam,asem,daun salam ,lengkuas ,daun melinjo dan seterusnyabiarkan sampai mendidih.
  3. haluskan bawang merah,bawang putih,terasi,kemiri dan cabe masukkan bumbu ke dalam sayur tambahkan garam,penyedap,gula.
  4. kecilkan api tunggu sampai mendidih baru matikan api
  5. sayur asem jakarta siap dinikmati


No comments:

Post a Comment