home

Wednesday, April 18, 2012

donat

sebetulnya kalo ditanya suka.... nggak juga,nggak suka..  juga enggak hehehe,,,ya sedang2 aja sih.kalo ada ya mau..kalo nggak ada ya ng nyari...tapii kalo ibra jangan ditanya apa aja dia suka yg dibikin mamanya xixixi...akhirnya penasaran juga aku dengan resep donat.u/ topingnya aku kasih gula halus sama meses .
ni dia donat aku :)


bahan donat : 

350 gr tepung terigu protein tinggi
2 sdt ragi instan
35 gr gula pasir
15 gr susu bubuk
1/2 sdt baking powder
1 btr telur
1 kuning telur
180 ml air es
35 margarine
1 sdt garam
minyak u/menggoreng

bahan toping :

butter cream coklat( karena kemarin aku ng ada buttercream coklat aku pake aja blueband u/olesan :D)
meses coklat
gula halus

cara membuat :
  1. campur tepung terigu,ragi instan,gula pasir,susu bubuk,dan baking powder,aduk rata
  2. tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis ( pake mixer aja biar sempurna adonannya),masukkan margarine dan garam uleni sampai elastis,diamkan 20 menit.kempiskan adonan
  3. timbang adonan masing2 30 gr ,bulatkan.diamkan 10 menit,pipihkan sedikit adonan.lubangi tengahnya (pake cetakan donat juga boleh :))
  4. letakkan di loyang yang ditabur sedikit tepung terigu..diamkan 45 menit sampai mengembang
  5. goreng dalam minyak yg sudah dipanaskan diatas api sedang sampai matang,angkat dan tiriskan
  6. toping sesuai selera ;)
biasanya ada sisa adonan waktu nyetak donat, daripada aku buang mending dibikin bulat2 kayak gini pasti anak-anak suka ^,^


jadilah..bola2 donat :)


sumber " SEDAP " aneka jajanan pinggir jalan

No comments:

Post a Comment