home

Saturday, August 23, 2014

Tape ketan hitam




 bener2 lebaran kemarin masakankku komplit karena ada sihitam manis ini dimeja makanku,ini kali pertama aku bikin tape ketan hitam, dengan komando dari sang ibu saya langsung berani untuk eksekusi.nggak nyangka hasil tape pertama saya langsung berhasil duhh senangnya ^_^ pengen jingkrak2 rasanya hehehe...
ini resep turun temurun dari nenek saya ya,ibu saya juga katanya nggak diajarin hanya karena sering melihat nenek saya bikin akhirnya bisa dengan sendirinya, bener2 hebat nih mamiku :* .banyak mitos tentang pembuatan tape,katanya nggak boleh ngomong dari pembuatan awal sampai akhir. walah untung saja nenek dan ibu saya tidak percaya mitos itu malah kalo bikin tape sering rame2 sama anak2nya,satu lagi harus steril ng boleh kena macem2 (tangan,tempat harus benar2 bersih),jujur saya juga kurang paham apa maksudnya menurut saya bukannya masak apapun judulnya bukan hanya tape, tangan dan alat masak kan memang harus bersih.kadang mitos begini yang bikin kita mau praktek ketakutan duluan,untuk masalah kebersihan masing2 orang pasti punya standar sendiri lah,ng mungkin dong daun pisang ng dielap secara yang makan orang2 rumah sendiri .

faktor kegagalan dalam memasak itu banyak sekali bisa jadi kita kebanyakan ngasih ragi,ngukusnya kurang lama atau jenis beras ketannya yg beda,nah jadi bukan terpaku sama mitos diatas ya bun,untuk masalah kebersihan oke lah kita jaga agar rasa dan hasilnya bisa sempurna,untuk yang nggak boleh ngomong saat masak tape saya nggak ikutan ah berhubung saya orangnya sedikit cerewet ya,jd nggak tahan kalau nggak ngomong hahaha...tapi tergantung masing2 pribadi,mau percaya ya monggo.teknik dan cara setiap orang memasak itu tidak sama apalagi soal rasa relatif ada yang bilang enak ada yang bilang nggak enak. betul kan bun :) ,ini resepnya ya bunda2 semoga sukses resep ini di dapur bunda.

bahan :
1/2 kg ketan hitam
1/4 kg ketan putih
1/2 buah ragi (haluskan)
5 sdm gula pasir
1 gelas air (250 ml )
daun pisang secukupnya


cara membuat ;

  • campur ketan hitam dan putih rendam semalaman.



  • setelah direndam semalaman,cuci bersih ketan seperti kita mencuci beras.
  • lalu kukus sampai matang kira2 15-20 menit.pindahkan ke tempat lain/baskom,sisa air rebusan/kukusan tadi siram diatas ketan sedikit demi sedikit (kira2 aja airnya ya) aduk rata (orang bilang diaron)




  • kukus lagi seperempat jam lalu pindahkan ketan ke tampah yang sudah dialas daun pisang ratakan,tunggu sampai benar2 dingin ya kira2 4-5 jam,baru taburkan ragi diatas ketan secara merata,lalu balik bagian belakang juga beri ragi.




  • pindahkan ketan beserta daun pisangnya ke dalam baskom tutup rapat dengan daun pisang atasnya bisa ditindihpake cobek yg dr tanah liat,diamkan 2 hari
  • malam 2 harinya larutkan 6 sdm gula pasir dengan 500ml air.buka ketannya siram air gula ke ketan tadi tutup lagi (jgn diaduk ya)
  • pagi2 tape ketan hitam siap dihidangkan :)


#untuk perbandingan ketan hitam dan ketan putih 2 : 1
#selamat mencoba

4 comments:

  1. Emang enak tape (urang sunda bilang mah peuyeum).
    Sy mmg suka tape/peuyeum baik dr singkong ato beras ketan ( khususnya ketan hitam ).
    Makasih sdh berbagi resep. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba Wilma semoga bermanfaat 😘

      Delete